Tips Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

by -135 views

Tips Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Memiliki bibir kering memang tidak nyaman dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Beberapa tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikut dapat menjadi solusi yang efektif.

Ada beberapa alasan mengapa kita mungkin mengalami bibir kering dan pecah-pecah, dari suhu dalam ruangan yang mengeringkan bibir hingga terlalu banyak menjilat bibir.

Mari kita bahas 8 alasan paling umum mengapa bibir pecah-pecah dan apa yang dapat kita lakukan untuk membuatnya terasa indah dan lembut lagi.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah

Ada beberapa alasan mengapa kita menderita bibir kering, tetapi biasanya hal itu disebabkan oleh hilangnya hidrasi di lapisan luar kulit bibir, hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Bibir kita secara alami adalah salah satu bagian kulit yang paling sensitif di tubuh kita, dan beberapa kegiatan makan, minum, berbicara, bernapas, dan mengoleskan lipstik, bisa menyebabkan bibir pecah-pecah di beberapa titik.

Hal yang paling tidak diinginkan adalah bibir pecah-pecah kronis yang dapat menyebabkan luka yang menyakitkan.

Berikut 8 penyebab paling umum dari bibir kering dan pecah-pecah :

Cuaca dingin

Terkadang saat kita keluar rumah pada cuaca dingin yang cerah, kulit akan terasa sangat kencang dan melar. Ini sebagian karena kurangnya kelembaban di udara yang dapat menyebabkan kulit kesulitan mempertahankan kelembaban dan menyebabkan kulit kering.

Bibir cenderung lebih sensitif daripada bagian kulit yang lain, sehingga pengaruhnya bisa lebih parah.

Pemanasan dalam ruangan

Hal lain yang dapat mengeringkan bibir secara besar-besaran karena menggunakan pemanas di dalam ruangan dapat menyedot kelembaban dari udara.

Satu studi tentang masalah yang dirasakan dan ketidaknyamanan pada kelembaban udara rendah di antara pekerja kantoran menemukan bahwa ketika kelembaban udara berubah dari 43% (normal) menjadi 15% (kering) secara signifikan lebih banyak orang mengeluh tentang ketidaknyamanan dan gejala yang lebih sering pada kulit wajah dan selaput lendir.

Dehidrasi

Jika tubuh mengalami dehidrasi, kemungkinan kulit juga mengalami dehidrasi, jadi penting untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh, terutama jika bisa merasakan bibir kering.

Menjilat bibir

Meskipun sangat menggoda untuk menjilat bibir saat terasa kering, cobalah untuk menahan diri. Air liur bisa mengeringkan bibir dan membuatnya pecah-pecah dan gatal.

Faktanya, ada kondisi yang disebut Lip Licker’s Dermatitis – menjilat bibir berulang kali, yang menyebabkan air liur membasahi kulit dan menghilangkan minyak pelindungnya.

Alergi terhadap produk kecantikan

Produk bibir dengan warna, rasa dan wewangian yang kuat sebaiknya tidak digunakan saat bibir bagus dan sehat.

Pilih pelembap bibir yang sederhana dan berbahan dasar emolien saat memiliki bibir kering dan simpan semua kosmetik saat bibir kembali ke tampilan cantiknya yang terhidrasi.

Mengelupaskan kulit bibir

Sebaiknya Jangan mengelupas kulit kering dari bibir. Jika menarik kulit bibir secara paksa untuk menghilangkannya, kulit tersebut belum siap untuk lepas dan hanya akan membuat kerusakan dan kekeringan lebih lanjut.

Paparan sinar matahari

Jika mengalami bibir kering di musim panas, bisa jadi karena paparan sinar matahari.

Kita sering lupa bahwa bibir kita membutuhkan perlindungan dari matahari sama seperti kulit wajah kita.

Penggunaan lip balm secara berlebihan

Jika terlalu sering menggunakan lip balm, terutama yang memiliki wewangian atau bahan aktif yang mengiritasi, hal itu dapat menyebabkan bibir menjadi lebih sensitif dan kering.

Ada juga kemungkinan alergi terhadap beberapa bahan dalam lip balm dan reaksi tersebut dapat menyebabkan gatal-gatal dan kekeringan yang bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah.

Jika menderita bibir pecah-pecah kronis, berhenti menggunakan lip balm yang biasa digunakan dan tukar dengan produk yang lebih alami dan berbahan dasar emolien untuk melihat apakah masalahnya masih ada.

Tips Cara Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Terkadang tubuh membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah. Bibir tidak dapat menghasilkan kelembapan untuk dirinya sendiri. Jadi untuk menghindari bibir pecah-pecah, pastikan memberi banyak perawatan agar tetap lembut dan cantik.
Berikut adalah beberapa tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting :

Eksfoliasi
Eksfoliasi bibir untuk mengangkat sel kulit berlebih untuk menghindari bibir berkerak, pijat bibir dua kali seminggu dengan sikat gigi yang lembut dan air hangat atau bisa menggunakan scrub bibir khusus.

Jangan menjilat bibir
Menjilat bibir secara teratur menyebabkan penguapan menarik kelembapan dari bibir, selanjutnya akan membuat bibir dehidrasi pecah-pecah. Ini merupakan salah satu tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting.

Temukan lip balm terbaik untuk bibir kering
Hati-hati saat memilih lip balm, kandungan minyaknya harus sangat tinggi, dan tidak boleh mengandung terlalu banyak air. Ini karena jika air menguap dari bibir, akan membuat bibir semakin mengering.

Gunakan lip balm berbasis emolien yang mengandung asam linoleat dan lemak seperti minyak zaitun, shea butter, dan minyak kelapa.

Tetap terhidrasi:

Pastikan untuk minum setidaknya 2 liter air sehari untuk menghindari bibir berkerak. Air bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga dapat membuat bibir lebih cantik dan lembab. Ini merupakan salah satu tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting.

Pakai SPF
Gunakan produk bibir dengan SPF di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari yang merusak dan bisa menyebabkan bibir pecah-pecah.

Gunakan humidifier
ini akan menjaga tingkat kelembaban di dalam ruangan agar bibir tidak mengering dan pecah-pecah. Ini merupakan salah satu tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting.

Hindari makanan yang terlalu asin atau pedas
Keripik dan makanan ringan yang terlalu asin atau pedas dapat mengeringkan bibir. Sebaliknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut agar bibir dapat lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

Gunakan Madu

Madu memiliki khasiat pelembab dan antibakteri yang luar biasa yang dapat mengobati bibir pecah-pecah dan berkerak. Madu bisa digunakan sebagai perawatan bibir pecah-pecah jika dioleskan langsung ke area bibir yang kering beberapa kali sehari. Ini merupakan salah satu tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting.

Shea butter

Shea butter mengandung Vitamin E dan A, yang sangat cocok untuk melembabkan dan merawat bibir pecah-pecah.

Gunakan Scrub Alami

Jika kulit bibir bersisik dan kering, cobalah membuat scrub buatan sendiri dengan air hangat, minyak kelapa atau madu yang dicampur dengan gula pasir atau garam alami dan gosok lembut bibir dengan kain bersih.

Mentimun

Mentimun adalah perawatan alami yang sangat sederhana untuk bibir kering yang dapat dilakukan di rumah. Coba usapkan dengan lembut sepotong kecil mentimun pada bibir yang kering dan berkerak, lalu biarkan sari mentimun selama 15 menit atau lebih sebelum dicuci. Ini akan mengubah bibir yang terasa berkerak menjadi bibir yang lembut dan halus. Ini merupakan salah satu tips cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *